Tujuh Kali Sandang Predikat WTP, Pemkot Pontianak Raih Penghargaan dan Insentif

Masih Ada Rumah Makan Gunakan Gas Elpiji 3kg
12/12/2018
Kampung Tenun Jadi Ikon Wisata Pontianak
16/12/2018

Tujuh Kali Sandang Predikat WTP, Pemkot Pontianak Raih Penghargaan dan Insentif

Dari Menteri Keuangan

 

Setelah mendapat penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI ) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Pontianak tahun anggaran 2017 untuk ketujuh kalinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak kembali diganjar penghargaan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Piagam penghargaan itu diserahkan Gubernur Kalbar, Sutarmidji kepada Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (13/12/2018).

“Total insentif yang kita dapatkan Rp57 miliar. Insentif itu tidak hanya dari WTP, APBD tepat waktu, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), pelayanan kesehatan dan lainnya,” sebut Edi.

WTP yang disandang untuk ketujuh kalinya ini, kata Edi, bukan berarti tidak ada temuan. Diakuinya, masih ada temuan-temuan namun bersifat administratif dan nomenklatur sehingga tidak terlalu signifikan. “Umumnya berkaitan dengan aturan dan nomenklatur yang harus disesuaikan,” tuturnya.

Untuk meningkatkan kualitas WTP ke depan, ia menyebut, perlu ada kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkot Pontianak untuk melakukan perbaikan-perbaikan atas temuan tersebut. “Sehingga ke depan tidak ada lagi temuan yang sama,” ujarnya.

Ia juga berharap ke depan tidak ada lagi temuan-temuan yang baru. Karenanya, seluruh OPD diminta dapat memperbaiki kinerjanya terutama kaitan dengan tata kelola keuangan sehingga temuan-temuan itu kian berkurang, bahkan nihil serta mampu mempertahankan predikat WTP kembali sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. “Kita berharap juga untuk laporan keuangan tahun ini bisa mempertahankan predikat WTP seperti halnya yang sudah diraih sebelumnya,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Pontianak tercatat meraih predikat WTP selama tujuh kali berturut-turut, yakni di tahun 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018. Predikat tersebut diberikan atas hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan masing-masing setahun sebelumnya. (jim)

Comments are closed.

'