Tingkatkan Kompetensi Penyusunan Produk Hukum, Pemkot Gelar Bimtek

Bahasan Minta ASN Perkuat Profesionalisme dan Kompetensi Bidang
14/03/2019
Cetak Bibit Atlet Melalui Kejuaraan Renang Tingkat SD
16/03/2019

Tingkatkan Kompetensi Penyusunan Produk Hukum, Pemkot Gelar Bimtek

Optimalisasi Pembentukan Produk Hukum

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dalam penyusunan produk hukum daerah secara tepat dan profesional di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Pontianak, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Pontianak menggelar bimbingan teknis (bimtek) penyusunan produk hukum daerah di Ruang Rapat Wali Kota Pontianak, Kamis (14/3/2019).

Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan menilai, bimtek yang digelar ini dalam rangka optimalisasi pembentukan produk hukum daerah melalui sumber daya manusia yang berkualitas. “Guna mewujudkan good government di Pemerintahan Kota Pontianak,” katanya.

Ia menjelaskan, salah satu kompetensi yang diperlukan pemerintah daerah dalam rangka melanjutkan program pembangunannya adalah kemampuan aparatur sipil dalam memahami suatu peraturan perundang-undangan. “Sebab kemampuan ini berhubungan dengan perumusan kebijakan daerah dalam rangka akselerasi pembangunan,” terang Bahasan.

Dirinya juga berharap, para ASN Pemkot Pontianak memanfaatkan perangkat teknologi dalam pembuatan suatu produk hukum daerah, baik itu Surat Keputusan (SK), Peraturan Wali Kota (Perwa) maupun Peraturan Daerah (Perda). “Dengan demikian, pembuatan produk hukum di kota ini bisa lebih cepat sehingga tidak menghambat suatu pembangunan khususnya di Kota Pontianak serta terdokumentasi dengan baik sehingga setiap ASN maupun masyarakat dapat mengaksesnya,” ulasnya.

Bahasan meminta ASN dalam merancang dan membuat produk hukum daerah harus menguasai materi hukum, asas hukum, teori hukum, hirarki dan jenis serta ruang lingkup dari produk hukum yang berlaku dan yang akan dibuat. “Aparatur juga harus meng-update dirinya untuk mempelajari suatu peraturan terbaru, baik peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerahnya sendiri,” pungkasnya. (jim)

Comments are closed.

'