Pontianak Geek Festival 2019, Ajangnya Para Penggiat IT di Kota Pontianak

Smart city atau kota cerdas merupakan kota yang dapat mengelola sumber daya secara efektif dan esien untuk menyelesaikan berbagai tantangan menggunakan solusi inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan layanan untuk meningkatkan kualitas hidup warganya. Dalam mewujudkan smart city, dibutuhkan kontribusi dan kolaborasi antara seluruh elemen masyarakat, salah satunya generasi muda. 

Banyak generasi muda yang tergerak untuk mewujudkan ide ide mereka dengan membangun sebuah start-up berbasis teknologi informasi guna membantu ataupun mempermudah mengatasi masalah yang terjadi di kota pontianak. Startup sendiri (atau ejaan lain yaitu startup), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.  Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pontianak hadir untuk mendorong para penggiat start up di kota Pontianak agar lebih termotivasi untuk mengembangkan ide atau inovasi baru untuk menyelesaikan masalah yang ada di kota pontianak dengan mengadakan “Pontianak Geek Fest 2019” dengan mengangkat tema “Dare to Show Your Idea”.

Potensi startup digital di Kota Pontianak cukup menjanjikan, begitu juga dengan minat masyarakat Kota Pontianak terhadap start-up digital yang terus meningkat seiring perkembangan teknologi yang kian pesat. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pontianak menggelar event bagi para penggiat startup di Kota Pontianak pada tanggal 7-8 Desember 2019 lalu.

Acara yang diberi nama Pontianak Geek Festival 2019 ini berlokasi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak. Mengangkat tema “Dare to Show Your Idea”, Pontianak Geek Festival 2019 menyajikan acara yang menyentuh berbagai lapisan perkembangan startup, mulai dari tingkat paling bawah, yaitu motivasi dan pencerahan terhadap para pelaku start-up melalui seminar dan talkshow, hingga tahap penyampaian ide bisnis start-up melalui Pitch Competition. Mengangkat tema Technology for Sosial Impact & Enterpreneurship, seminar dan talkshow pada Pontianak Geek Festival 2019 menghadirkan narasumber yang memiliki pengalaman berkecimpung langsung di dunia startup sehingga diharapkan dapat menumbuhkan semangat generasi muda untuk mengembangkan ide/inovasi baru memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Pada Pitch Competition Pontianak Geek Festival 2019, Ide Bisnis Start-up yang berhasil meraih juara adalah :

Juara 1. Tokokota, aplikasi belanja online pada berbagai toko kecil di Pontianak

Juara 2. Momsku, aplikasi rental perlengkapan bayi, anak dan ibu menyusui

 Juara 3. Subkilo, aplikasi jasa pengiriman barang dengan berat di bawah 1Kg

Pontianak Geek Festival 2019  juga menyediakan Start-up Exhibition yang menampilkan Start-up yang telah berdiri dan berjalan di Kota Pontianak agar para peserta dapat langsung mengetahui keberadaan Start-up ini, dan para Start-up dapat berbagi dan melakukan promosi langsung kepada masyarakat Kota Pontianak.

Selain tentang teknologi Start-up, pada Pontianak Geek Festival 2019 juga diadakan Drone Contest, yaitu ajang kompetisi pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remote control dengan beberapa kelas yang dilombakan antara lain kelas Touch and go, Kelas Gate Race, dan Kelas Combat. Para pemenangnya antara lain:

Kelas Touch and go

1. Hartono

2. Susanto

3. Iwan

 

Kelas Gate Race

1. Iwan

2. Hartono

3. Nico

 

Kelas Combat

1. Susanto

2. Deden

3. Othman

Pontianak Geek Festival 2019 merupakan hasil kolaborasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak dengan Tangan Di Atas (TDA) Community Pontianak. Pontianak Geek Festival 2019 dibuka untuk umum, dengan kurang lebih terdapat 200 peserta yang hadir dalam setiap hari kegiatannya. Diharapkan ajang seperti ini dapat terus bergulir setiap tahunnya untuk dapat terus menyalurkan minat dan bakat masyarakat Kota Pontianak di bidang bisnis Start-up, dan hobby di dunia teknologi lainnya.