Pemberdayaan Masyarakat Tinggi, Kelurahan Sungai Jawi Wakili Pontianak

Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kalbar

Kelurahan Sungai Jawi mewakili Kota Pontianak pada Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kalbar. Terpilihnya Kelurahan Sungai Jawi lantaran tingginya pemberdayaan masyarakat kelurahan. “Baik itu melalui gotong royong, penghijauan, penanganan kesehatan, pendidikan serta bersama Tim Penggerak PKK Kelurahan melakukan peningkatan yang ada,” ujar Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan saat menghadiri penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kalbar di Kantor Lurah Sungai Jawi, Senin (13/5/2019).

Menurutnya, lomba Kelurahan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam membantu pemerintahan kelurahan. Paradigma pembangunan yang lebih mengutamakan pembangunan ekonomi, sudah seharusnya beralih menjadi paradigma pembangunan pemberdayaan masyarakat. “Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat sebagai subyek dan sekaligus sebagai obyek pembangunan,” ungkap Bahasan.

Ia mengajak seluruh warga terutama Kelurahan Sungai Jawi untuk menjadikan Kota Pontianak sebagai kota yang hijau, teduh, sejuk dan nyaman untuk ditempati serta mudah dalam berinvestasi. “Motto ‘Pelayanan Dengan Cermat, Cepat, Ramah, Mudah, Aman dan Tepat’, senantiasa ditanamkan di benak semua,” ucapnya.

Wakil Wali Kota juga mengapresiasi seluruh komponen masyarakat Kota Pontianak yang telah berpartisipasi membangun Kota Pontianak, khususnya masyarakat Kelurahan Sungai Jawi yang telah giat membangun kelurahan menjadi terbaik tingkat Kota Pontianak. “Saya berharap kepada seluruh Tim Penilai, agar penilaian dilakukan secara obyektif dan transparan  sehingga hasilnya dapat menjadi masukan dan evaluasi,” pungkasnya. (jim/humpro)