Lepas Bibit Ikan, Edi Ingin Jadikan Sungai Habitat Ikan

Ajak Warga Jaga Kebersihan Sungai dan Parit

 

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono melepas bibit-bibit ikan ke Sungai Kapuas sebelum memulai aksi bersih-bersih pada World Cleanup Day 2019 di kawasan Waterfront, Sabtu (21/9/2019). Adapun bibit indukan ikan yang dilepas terdiri dari ikan jelawat 20 ekor, ikan belidak 10 ekor, ikan tengadak 20 ekor dan ikan paten 20 ekor. Pelepasan bibit ikan tersebut sebagai upaya melestarikan biota sungai. "Sengaja kita lepaskan bibit-bibit ikan ini supaya mereka bisa berkembang biak," ujarnya.

 

Pelepasan bibit ikan itu dilatarbelakangi bahwa air dan mahluk hidup yang ada di dalamnya adalah sumber kehidupan. Disadari parit-parit yang ada banyak tercemar sehingga ikan-ikan hampir tidak ada. "Dengan kita melepaskan ikan-ikan di Sungai Kapuas ini, sebagai pesan moral bahwa Pemerintah Kota Pontianak sangat serius untuk menjadikan sungai sebagai habitat ikan-ikan untuk tumbuh dan berkembang biak," ucap Edi.

 

Masyarakat, lanjut dia, juga harus menyadari bahwa dengan membuang sampah atau mencemari sungai akan membunuh dan merusak habitat ikan yang ada di sungai. Bagi masyarakat yang ingin menangkap ikan, bisa dengan cara memancing menggunakan kail. Ia melarang keras apabila menangkap ikan dengan cara meracun, menyetrum, apalagi menggunakan peledak karena dapat merusak regenerasi maupun habitat kehidupan ikan-ikan tersebut. "Saya mengajak warga mari kita jaga kebersihan sungai dan parit agar habitat ikan tetap terjaga," pungkasnya. (jim/humpro)