Edi Ajak Swasta Partisipasi Tangani Covid-19

PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 100 buah dan paket sembako dari Bank BCA di Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (12/5/2020). Bantuan APD tersebut akan disalurkan ke fasilitas kesehatan (faskes) dan tenaga medis yang membutuhkan melalui Dinas Kesehatan Kota Pontianak. Sedangkan bantuan paket sembako disalurkan melalui Dekranasda Kota Pontianak untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan. "Kita berharap BUMN, BUMD dan swasta juga bisa ikut berpartisipasi dalam penanganan dampak pandemi Covid-19, baik secara langsung maupun tak langsung," ujarnya.

 

Terkait pemenuhan kebutuhan APD, Dinas Kesehatan Kota Pontianak yang mengkoordinir untuk disalurkan ke rumah sakit, puskesmas maupun Rusunawa Nipah Kuning sebagai rumah karantina pasien Covid-19. Semua itu tergantung pada kebutuhan faskes masing-masing. Edi menyatakan, kebutuhan APD di Kota Pontianak diperkirakan masih mencukupi hingga tiga bulan ke depan. Namun pihaknya akan melakukan perhitungan cadangan jika seandainya penggunaan APD meningkat. "Untuk penggunaan APD saat ini seperti pada rumah sakit digunakan untuk ruang IGD, ruang isolasi dan laboratorium," sebutnya.

 

Demikian juga pada puskesmas, tenaga pelayanan masyarakat seperti menjemput pasien harus menggunakan APD. Selain itu, pada kamar jenazah jika ada PDP yang meninggal, petugasnya juga harus menggunakan APD. 

 

Diakuinya, pihaknya mengalami kesulitan mendapatkan masker N95, sementara untuk masker bedah sudah mencukupi. Masker N95 di pasaran juga sudah tidak ada sehingga harus didatangkan dari Jakarta. "Kita juga sudah pesan, dalam jumlah banyak," pungkasnya. (jim/prokopim)