Pemkot Komitmen Tekan Angka Pengangguran

Pengumuman Lelang Konsultansi Perencanaan Penyusunan Naskah Akademis dan Raperda Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
04/04/2018
Pengumuman Pemenang Pengadaan AMP MINI
05/04/2018

Pemkot Komitmen Tekan Angka Pengangguran

Kucurkan Berbagai Program Serap Tenaga Kerja

 

            Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berkomitmen untuk menekan angka pengangguran di Kota Pontianak. Berbagai program yang dikucurkan untuk peningkatan kualitas maupun produktivitas tenaga kerja melalui pelatihan-pelatihan berbasis kompetensi. “Pelatihan-pelatihan berbasis kompetensi dan berbasis masyarakat berupa pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam),” ungkap Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah, Rabu (4/4/2018).

Tak hanya itu, lanjut dia, program lainnya yakni memfasilitasi perusahaan-perusahaan untuk membuka lowongan pekerjaan sehingga dapat menyerap tenaga kerja. Salah satunya, dengan membuka Pameran Bursa Tenaga Kerja yang diikuti sebanyak 42 perusahaan dari Pontianak, Kabupaten Kubu Raya hingga Jakarta. Pada pameran tersebut, sekitar 5.300 lowongan pekerjaan dibuka oleh perusahaan tersebut.

Kemudian, Pemkot Pontianak juga bekerja sama dengan pemerintah pusat melalui program Business Development Center (BDC) dengan membina 39 UMKM yang dapat menyerap 117 orang. “Kita juga bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat melalui program Incubator Business dengan membina sekitar 300 orang dari masyarakat umum dan 400 orang dari mahasiswa dengan kegiatan motivasi, produksi, pelatihan pengemasan, pemasaran, keuangan dan konsultasi bisnis,” sebutnya.

Di sektor perizinan, Pemkot Pontianak juga gencar memberikan berbagai kemudahan untuk mempercepat pertumbuhan lapangan kerja. Diantaranya dengan memberikan izin usaha gratis kepada UMKM yang mencapai 5.500 lembar izin. “Dengan pemberian izin sebanyak itu, setidaknya dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 16.500 orang,” pungkasnya. (jim)

Comments are closed.

'