Mahmudah Ajak Warga Budayakan Transaksi Non Tunai

Pengumuman Lelang Pengadaan PMT Pemulihan Balita Kurus dan Pasca Pemulihan Gizi Buruk
13/04/2018
Pengumuman Lelang Pengadaan PMT Pemulihan BUMIL KEK
16/04/2018

Mahmudah Ajak Warga Budayakan Transaksi Non Tunai

Zumba Bersama Sosialisasikan Pontianak Go Cashless

 

Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berkomitmen mendukung penuh Gerakan Nasional Non Tunai. “Kita telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman  bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalbar dan PT Pertamina pada tanggal 16 September 2017 lalu untuk Elektronifikasi Pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) secara non tunai di seluruh SPBU Pertamina yang ada di Pontianak,” sebutnya dalam sambutannya pada acara Zumba Bersama Pontianak Go Cashless di Halaman A Yani Mega Mal Pontianak, Minggu (15/4/2018).

 

Menurutnya, setelah pencanangan transaksi non tunai untuk pembelian BBM jenis premium di SPBU per tanggal 1 Januari 2018, respon masyarakat cukup positif. Data dari PT Pertamina pada bulan Maret 2018, transaksi non tunai atau cashless di SPBU Kota Pontianak,tercatat Rp503,61 juta atau sebesar 19,40 persen dari total penjualan BBM di SPBU Kota Pontianak. “Melihat respon positif dari masyarakat, maka program pembelian BBM secara non tunai diperluas tidak hanya terbatas BBM premium, namun juga terhadap BBM pertalite bagi kendaraan roda empat atau lebih yang mulai efektif berlaku sejak tanggal 1 April 2018,” jelas Mahmudah.

 

Ke depan, lanjutnya, Gerakan Pontianak Go Cashless rencananya juga akan diterapkan untuk transaksi lainnya. Salah satunya transaksi non tunai untuk pembayaran penyeberangan kapal ferry Sungai Kapuas yang dikelola PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Feri (Persero) Cabang Pontianak.

 

Terkait kegiatan Senam Zumba Bersama Pontianak Go Cashless, yang digelar atas kerja sama Pemkot Pontianak, Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalbar, PT Pertamina dan didukung oleh perbankan, Mahmudah menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi impelementasi pembelian BBM jenis pertalite secara non tunai. “Kita berharap budaya Go Cashless semakin membudaya di masyarakat Kota Pontianak,” pungkasnya. (jim)

Comments are closed.

'