Luar Biasa, Pontianak Dinilai Kota dengan Optimisme Tertinggi

Pengumuman Lelang Belanja Jasa Konsultansi Materplan Smart City Kota Pontianak
09/05/2018
Mahmudah Ajak Warga Ciptakan Harmonisasi Dalam Keberagaman
13/05/2018

Luar Biasa, Pontianak Dinilai Kota dengan Optimisme Tertinggi

Pontianak Urutan Pertama Hasil Survey GNFI

 

Kota Pontianak berada di urutan teratas sebagai kota dengan optimisme tertinggi se-Indonesia dari 12 kota yang menjadi lokasi survey Good News For Indonesia (GNFI). GNFI adalah media sekaligus komunitas yang secara konsisten berusaha untuk menumbuhkan rasa optimisme masyarakat Indonesia terhadap bangsanya, yang dilakukan melalui platform digital maupun kegiatan-kegiatan offline. Hasil survey yang dirilis GNFI, Senin (7/5/2018), dari 12 kota yang menjadi lokasi survey, Pontianak menempati tempat tertinggi yang mencapai nilai optimisme. Nilai yang didapatkan dari 100 responden yang diambil di kota tersebut mencapai skor 75,6. Setelah kota Pontianak, diikuti dengan Ambon dengan skor 69,4 dan skor 65,2 yang diraih oleh Jayapura. Hal ini menjadi menarik bahwa ternyata rasa optimisme pada Indonesia justru lebih banyak disampaikan oleh para responden dari luar jawa.

Sasaran survey adalah kaum generasi muda. Dipilihnya generasi muda sebagai sumber survey lantaran berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), hingga tahun 2030 mendatang populasi penduduk di Indonesia akan didominasi oleh kalangan usia produktif. Dengan demikian masa depan Indonesia bergantung pada generasi muda yang kini mulai beranjak dewasa dan memasuki masa bonus demografi. Latar belakang itulah yang mendorong GNFI melakukan survey di 12 kota di Indonesia untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat optimisme generasi muda Indonesia.

Sebagai barometer seberapa optimis generasi muda, GNFI mengacu pada 27 sektor yang menjadi sasaran survey. Diantara sektor-sektor tersebut adalah sektor bisnis, ekonomi, kesehatan, komunikasi dan media, pendidikan hingga transportasi.

Survey ini sedikit banyak menggambarkan bagaimana generasi muda Indonesia saat ini. Dari berbagai sektor yang ada, dan juga kota-kota yang ada, GNFI melihat bahwa dalam beberapa hal Indonesia telah mampu untuk mengajak para generasi muda untuk turut membangun bangsa. Rasa optimisme yang timbul adalah salah satu indikator. (jim)

 

Comments are closed.

'