Lebih 800 Orang Bersihkan Sampah di Tepian Sungai Kapuas

Jelang Pilkada Serentak, Warga Rekam Data KTP-el Melonjak
24/02/2018
Pontianak Bukukan Rekor Memasak Ikan Asam Pedas Terbanyak
25/02/2018

Lebih 800 Orang Bersihkan Sampah di Tepian Sungai Kapuas

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional

 

Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, lebih dari 800 orang secara bergotong royong membersihkan sampah dari air dan daratan di sepanjang tepian Sungai Kapuas, Sabtu (24/2/2018). Kegiatan massal ini merupakan kerja sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan I, Polair, Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak, kecamatan dan kelurahan, serta pelajar, Duta Lingkungan Hidup, aktifis dan komunitas penggiat lingkungan dan forum pemuda pecinta lingkungan.

Kepala DLH Kota Pontianak, Sri Sujiarti menjelaskan, kegiatan HPSN ini merupakan rangkaian kegiatan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) sebagaimana instruksi Menteri Lingkungan Hidup yang dilaksanakan mulai tanggal 21 Januari hingga 21 April 2018. “Jadi, pada hari ini kita secara bergotong royong membersihkan sampah, baik yang ada di sungai maupun daratan di sepanjang tepian Sungai Kapuas,” terangnya.

Sebelum memulai kegiatan peduli lingkungan ini, seluruh peserta yang ikut berpartisipasi berkumpul di depan Masjid Jami dan Pelabuhan Senghie. Mereka mendapat arahan terkait kegiatan yang dilaksanakan di dua sisi tepian Sungai Kapuas ini. Melalui kegiatan ini pula, bertujuan mengubah perilaku masyarakat supaya tidak lagi menjadikan sungai sebagai tempat sampah. “Insya Allah, kegiatan ini akan menjadi semangat dan pemicu perubahan perilaku kita masyarakat Kota Pontianak dalam menjaga kebersihan lingkungan,” sebut Sri.

Ia mengajak masyarakat untuk memulai hidup bersih, dimulai dari lingkungan masing-masing. Tak hanya itu, masyarakat juga diajak untuk mulai memilah sampah sesuai dengan jenis sampah tersebut sehingga bisa bermanfaat dan bernilai ekonomis. “Ayo kita bersama berlomba-lomba untuk membuat Kota Pontianak yang kita cintai ini tetap bersih, sehat dan nyaman,” ajaknya.

Tema HPSN tahun ini adalah “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah” dengan tagline #bersih bisa kok. (jim)

 

Comments are closed.

'