Azmi Terharu Terima Tali Asih

Pemkot Dukung Penggunaan Gas Elpiji Non Subsidi
06/06/2018
Pjs Wali Kota Open House pada Lebaran Pertama
10/06/2018

Azmi Terharu Terima Tali Asih

649 PHL Kebersihan Terima Tali Asih dari Donatur

Azmi (49), satu diantara 649 Pekerja Harian Lepas (PHL) kebersihan, tampak senang ketika menerima bantuan tali asih berupa uang dan kain sarung di halaman Kantor Wali Kota Pontianak, Kamis (7/6/2018).

 

Azmi mengaku, bantuan yang didapatnya ini sangat bermanfaat untuk ia dan keluarganya merayakan lebaran. “Terima kasih atas bantuan dan kepeduliannya kepada kami pekerja kebersihan. Saya berharap bantuan ini lebih meningkat lagi ke depannya,” ucapnya lirih.

 

Senada dengan Azmi, Muhammad Harris (26) yang kesehariannya bertugas sebagai Pengawas Tempat Pembuangan Sementara (TPS) bersyukur dengan adanya bantuan dari para donatur yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. “Alhamdulillah, kami mendapat bantuan berupa uang dan kain sarung. Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan ini untuk merayakan Idul Fitri,” katanya.

 

Harris berharap, upah yang diperolehnya sebagai PHL ke depan bisa lebih meningkat untuk menghidupi keluarganya. “Kami juga berharap para donatur terketuk hatinya untuk menyisihkan sedikit rejekinya untuk kami para petugas kebersihan,” tuturnya.

 

Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada seluruh PHL. Ia berharap, tahun depan semakin banyak donatur yang tergerak hatinya untuk menyalurkan bantuan tali asih kepada mereka pekerja lepas kebersihan dan pertamanan. Mahmduah mengimbau kepada para pelaku usaha maupun perusahaan yang berusaha di Kota Pontianak untuk turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan tali asih bagi para PHL ini. “Bagaimanapun juga, tanpa mereka, kota kita tidak akan sebersih seperti sekarang ini,” ujarnya.

 

Oleh sebab itu, lanjut Mahmudah, pihaknya melakukan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkot Pontianak dan pihak swasta kepada mereka yang bekerja untuk menciptakan kebersihan di kota ini. “Kita bersyukur ada kesadaran dari pihak swasta yang memberikan tali asih ini kepada mereka. Karena bagaimanapun para PHL ini mempunyai peranan yang cukup besar dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” sebutnya.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, Tinorma Butar Butar, menjelaskan, PHL ini berasal dari dua OPD, yakni PHL kebersihan 649 orang di bawah DLH dan PHL pertamanan di bawah Dinas Pekerjaan Umum (PU). Khusus PHL kebersihan, masing-masing mereka mendapat tali asih berupa uang senilai Rp327 ribu, yang bersumber dari Bank Kalbar Rp300ribu, dan Rp27 ribu bersumber dari donatur-donatur lainnya. “Dibanding tahun sebelumnya, tali asih tahun ini meningkat, dari sebelumnya Rp150 ribu menjadi Rp327 ribu,” ungkapnya

Selain uang, sambung Tinorma, PHL Kebersihan juga mendapat kain sarung. Sedangkan PHL pertamanan di bawah Dinas PU berjumlah 190 orang, mendapat bantuan berupa tali asih masing-masing senilai Rp150 ribu.

 

Diakuinya, kegiatan sosial ini sudah sejak lama dilaksanakan, dari sebelumnya masih di Dinas Kebersihan dan Pertamanan hingga sekarang menjadi Dinas Lingkungan Hidup. Dalam hal ini, pihaknya berupaya mencarikan donatur yang berasal dari perusahaan dan pelaku usaha untuk menyisihkan CSR mereka kepada PHL yang bekerja sebagai petugas kebersihan. “Kita mengajukan proposal kepada pelaku usaha. Saya melihat setiap tahunnya ada peningkatan karena kita memang sudah mengajukan proposal itu jauh sebelum bulan Ramadan,” tukasnya.

 

Tinorma berharap, ke depan semakin banyak para pelaku usaha yang terketuk hatinya untuk menyisihkan bantuan bagi mereka PHL yang telah menjaga kota ini tetap bersih dan indah. (jim)

Comments are closed.

'