Sulap Lahan Untan Jadi Taman Nan Cantik

Supaya Tak Lupa Izinnya akan Berakhir, DPMTK-PTSP Ingatkan Pelaku Usaha Lewat LEEWS
30/12/2017
Target Pendapatan Tak Realistis, Sutarmidji Sebut Mustahil Tercapai
02/01/2018

Sulap Lahan Untan Jadi Taman Nan Cantik

Taman A Yani dan Arboretum Sylva Untan Diresmikan Sutarmidji

 

Dua taman menjadi kado istimewa pada malam Tahun Baru 2018. Kedua taman yang kian mempercantik wajah Kota Pontianak yakni Taman A Yani dan Taman Arboretum Sylva Untan Pontianak. Taman-taman ini memanfaatkan lahan milik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak yang terleteak di samping Fakultas Teknik Untan dan Sylva Untan. Adapun fasilitas yang disediakan pada Taman A Yani antara lain kawasan bermain skatepark, lapangan mini basket 3 on 3, Taman Catur, selfie zone, perpustakaan digital, tanaman landscape, bangku taman serta Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Sedangkan pada Taman Arboretum Sylva Untan disediakan fasilitas taman rooftop garden serta relief pahlawan Digulis serta plaza dan bangku taman. Wali Kota Pontianak, Sutarmidji meresmikan kedua taman tersebut di malam pergantian tahun ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penggutingan pita, Minggu (31/12/2017).

Sutarmidji menjelaskan, Taman A Yani ini merupakan hasil permak dari taman yang sudah ada sebelumnya dan tidak tertata dengan baik sehingga kurang menarik. Sedangkan di Taman Arboretum Sylva Untan, pihaknya melengkapi taman itu dengan diorama pejuang simbol Tugu Digulis untuk mengenang perjuangan para pahlawan tersebut. “Taman ini terintegrasi dengan beberapa kebutuhan masyarakat. Remaja butuh tempat bermain skateboard, bermain basket. Ada pula yang membutuhkan perpustakaan digital, dan yang lainnya bisa menikmati RTH. Kita integrasikan di sini,” ungkapnya.

Taman ini sebagai alternatif atau pilihan selain Taman Digulis sehingga pengunjung tidak menumpuk di taman itu. Masyarakat juga bisa melakukan jogging di taman ini. Keberadaan taman ini sebagai variabel kebahagiaan masyarakat. Menurutnya, bila masyarakat sudah banyak yang mengunjungi taman-taman serta menikmati kenyamanan berada di taman, maka itu adalah bagian dari kebahagiaan. “Di sini juga pengunjung bisa mencharge handphone melalui SPLU. Kita upayakan SPLU ini gratis, voucher listriknya ditanggung oleh Pemkot sebab PLN sudah menyediakan alatnya, kita hanya mengisi voucher listriknya,” sebut Sutarmidji.

Rektor Untan, Thamrin Usman mengatakan, lahan yang disediakan untuk taman-taman ini atas dasar pemikiran bersama antara Untan dengan Pemkot Pontianak. Lahan itu disulap dari lahan yang sebelumnya tidak menarik menjadi RTH yang sangat menarik. Fasilitas yang tersedia di taman ini memberikan kesempatan dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat. “Tidak hanya bagi warga Kota Pontianak, tetapi juga para pendatang yang berkunjung ke Pontianak,” terangnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ismail, menuturkan, pembangunan kedua taman ini merupakan salah satu upaya Pemkot Pontianak untuk menyediakan ruang terbuka hijau publik yang representatif. Pembangunan taman-taman ini, lanjut dia, merupakan kerja sama antara Pemkot Pontianak dengan Untan. Fasilitas yang disediakan pada Taman A Yani antara lain kawasan bermain skatepark, lapangan mini basket 3 on 3, Taman Catur, selfie zone, perpustakaan digital, tanaman landscape, bangku taman serta Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). “Sedangkan pada Taman Arboretum Sylva Untan disediakan fasilitas taman rooftop garden serta relief pahlawan Digulis serta plaza dan bangku taman,” imbuhnya. (jim)

Comments are closed.

'