Korban Angin Puting Beliung Terima Bantuan dari Pemkot

SMA 1 Masuk Penilaian Sekolah Sehat
10/07/2017
Pengumuman Pemenang Pengadaan Alat Pendingin
11/07/2017

Korban Angin Puting Beliung Terima Bantuan dari Pemkot

Edi  Minta Warga Perkuat Konstruksi Bangunan

 

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Aswin Thaufik menyerahkan bantuan bagi korban angin putting beliung di Jalan Bina Jaya Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan, Senin (10/7/2017). Bantuan yang diberikan berupa atap seng gelombang serta bahan makanan siap saji, termasuk kompor. “Bantuan ini bersifat sementara. Kita minta kepada warga yang bangunannya terkena angin puting beliung supaya memperkuat konstruksi atapnya sehingga ketika angin puting beliung datang, tidak ada lagi atap yang lepas dari rangkanya,” ujarnya.

Terhadap kawasan-kawasan yang kerap terkena bencana angin puting, Edi mengimbau supaya warga tetap waspada dengan cara memperkuat konstruksi bangunannya terutama atap dan rangka. Selain itu, warga juga diminta mewaspadai ketika hujan datang disertai angin kencang sebab, kata dia, bukan tidak mungkin itu sebagai awal pertanda datangnya angin puting beliung. “Kita tidak bisa memprediksi kapan datangnya angin puting beliung, bisa saja datang secara tiba-tiba dan menimpa rumah kita,” sebutnya.

Kendati datangnya angin puting beliung sulit diprediksi, namun menurutnya, setidaknya bisa terdeteksi dengan melihat kondisi alam. Misalnya, cuaca mendung, kemudian hujan deras disertai angin kencang, itu sudah menjadi peringatan untuk waspada. Pihaknya juga ikut memantau kondisi cuaca melalui CCTV yang ada di Ruang Pontive Centre Pemkot Pontianak. “Meskipun terbatas hanya di beberapa titik lokasi, tapi paling tidak kita bisa memantau dan memberikan peringatan dini jika angin puting beliung datang,” pungkasnya.

Sedikitnya tujuh buah rumah warga diterjang angin puting beliung di Jalan Bina Jaya Kelurahan Kota Baru Pontianak Selatan, Sabtu (8/7/2017). Tiga buah rumah diantaranya mengalami kerusakan parah, bahkan salah satunya rata dengan tanah. (jim)

Comments are closed.

'