Sutarmidji : Jadilah Perawat yang Profesional

????????????????????????????????????
image_pdfimage_print

Layani Pasien dengan Senyum |

Tugas perawat adalah memberikan pelayanan keperawatan untuk meningkatkan kesehatan, pencegahan penyakit dan pelayanan bagi penderita yang sakit. Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menekankan kepada seluruh perawat supaya menjadi perawat yang profesional. “Sebagai perawat yang profesional, harus bisa membuat pasien kuat dan semangat menghadapi penyakit yang dideritanya. Jangan takut-takuti pasien sehingga justru akan membuat penyakitnya semakin parah,” pesannya saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Pontianak di Hotel Mercure Pontianak, Sabtu (7/1/2017).
Sutarmidji menambahkan, sebagai juru medis, meskipun dia mengetahui kondisi pasien mengalami penurunan, pasien itu harus tetap diberi semangat sepanjang ia masih sadar. Ketika memang ajalnya telah tiba, setidak-tidaknya para petugas medis sudah menjalankan tugasnya secara profesional. “Layani secara profesional, layani dengan hati. Itu yang saya tekankan kepada jajaran perawat,” katanya.
Selain itu, orang nomor satu di Kota Pontianak ini berpesan, para perawat harus bisa melayani pasien dengan wajah tersenyum, bukan dengan wajah cemberut. Ia memaklumi bila dari sekian ribu pasien, kalau 50 pasien yang mengeluh itu lumrah. “Kenapa saya katakan demikian, karena semua pasien yang masuk rumah sakit pasti dengan berbagai keluhan. Jadi, kalau ada keluhan sekian banyak itu sudah lumrah,” ujarnya.
Namun demikian, Sutarmidji meminta para perawat membuat suatu inovasi pelayanan supaya bisa membuat pasien pulang ke rumahnya dengan tersenyum karena telah dirawat dengan baik selama ia sakit. “Buatlah sebuah inovasi bagaimana ketika pasien datang meringis, pulang tersenyum. Tetapi kalau kita berpikir ingin orang tersenyum semua, itu tidak bisa,” ucapnya.
Sebagai perawat, lanjutnya, sudah tentu paling sering berinteraksi dengan pasien yang dirawatnya. Untuk itu, perawat harus bisa membuat pasien merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan. “Makanya saya minta jajaran RSUD Kota Pontianak supaya menciptakan suasana yang nyaman. Dengan suasana nyaman baru kita bisa memberikan pelayanan yang baik,” pungkasnya. (jim)

Berita LainnyaKlik DIsini copy.png